Minggu, 10 April 2011

PERALATAN DAN TEKNIK INTERAKSI

21.52.00


A.    Pengertian
Ø  Peralatan interaksi adalah alat – alat yang digunakan oleh user agar bisa berinteraksi dengan komputer.
Ø  Teknik interaksi adalah cara-cara yang digunakan dalam berinteraksi antara manusia dan komputer.
Jadi, peralatan dan teknik interaksi adalah alat- alat serta cara- cara yang digunakan oleh manusia agar bisa berinteraksi dengan komputer.

B.    Jenis- jenis peralatan
Peralatan interaksi antar manusia dengan computer terbagi dua yaitu :
Ø  Peralatan input atau masukan,dan
Ø  Peralatan output atau keluaran.

C. Teknik Interaksi
v Teknik Prototype
·       Story Board (papan cerita)
ü  Tidak perlu haru\s berbasis komputer
ü  Dapat dianimasikan
·       Simulasi fungsionalitas terbatas
ü  Beberapa bagian dari fungsionalitas sistem disediakan oleh desainer
ü  Perkakas seperti HyperCard banyak dijumpai sekarang ini
ü  Teknik dari wizard of Oz
·       Peringatan mengenai desain berulang
ü  Kelebaman desain-keputusan yang awalnya buruk akan tetap jadi buruk.
ü  Pendiagnosisan permasalahan derajat kegunaan nyata dalam prototype dan buakna hanya sekedar gejala-gejalanya.
Dalam bidang yang lain perancangan sebuah prototype biasanya berupa model dalam skala kecil. Contoh: Maket Bangunan
Mengapa menggunakan Prototype?
- Evaluasi dan feedback pada rancangan interaktif.
- Stakeholder (dalam hal ini user) dapat melihat, menyentuh,
berinteraksi dengan prototype.
- Anggota tim dapat berkomunikasi secara efektif.
- Para perancang dapat mengeluarkan ide-idenya.
- Memunculkan ide-ide secara visual dan mengembangkannya.
- Dapat menjawab pertanyaan membantu pemilihan di antara
alternatif-alternatif.

Dimensi Prototype
1. Penyajian
- Dapat berupa uraian tekstual atau dapat visual dan diagram.
2. Lingkup
3. Executability (Dapat dijalankan)
- Jika dikodekan, akan ada periode saat prototype tidak dapat dijalankan.
4. Maturation (Pematangan)
- Revolusioner: mengganti yang lama.
- Evolusioner : terus melakukan perubahan pada perancangan yang sebelumnya.

Prototyping Tools
1. Draw/Paint Program, contoh: Photoshop, Coreldraw
- Menggambar setiap layar, baik untuk dilihat.
- Prototype horisontal, tipis.
- Adobe Photoshop.
2. Scripted Simulations/Slide Show, contoh: Powerpoint, Hypercard, Macromedia Director, HTML.
- Letakkan tampilan seperti storyboard dengan (animasi) perubahan diantaranya.
- Dapat memberikan user catatan yang sangat spesifik.
- Macromedia Director.
3. Interface Builders, contoh: Visual Basic, Delphi, UIMX.
- Tools untuk menampilkan jendela, kendali, dan lain-lain dari interface.

• Fitur yang baik
- Mudah dikembangkan dan memodifikasi layar.
- Mendukung jenis interface yang dikembangkan.
- Mendukung berbagai macam divasi Input/Output.
- Mudah untuk memodifikasi dan menghubungkan layar.
- Mengijinkan memanggil prosedur eksternal dan program.
- Mengijinkan mengimpor teks, grafik, media lain.
- Mudah untuk dipelajari dan digunakan.
- Dukungan yang baik dari vendor.

v Teknik Evaluasi
Teknik Evaluasi digunakan untuk melihat apakah hasil rancangan yang telah dibuat sesuai dengan permintaan pengguna (user) atau tidak, dilakukan dengan proses uji coba sistem.
Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototype bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu secara analitis berdasarkan pada analisis atas transaksi dialog, secara empiris menggunakan uji coba pada sejumlah kasus, umpan balik pengguna yang dapat dikerjakan dengan tanya jawab maupun kuisioner dan beberapa analisis yang dikerjakan oleh ahli antarmuka.
Proses ini tidak dikerjakan dalam satu fase proses perancangan tetapi melalui perancangan dengan prinsip life cycle.Metode evaluasi harus dipilih secara cermat dan cocok dengan pekerjaan.
Beberapa alasan/tujuan dilakukannya teknik evaluasi pada suatu aplikasi IMK:
  Menilai tingkat fungsionalitas sistem.
  Menilai efek antarmuka pada pengguna.
  Mengidentifikasi masalah-masalah spesifik.
v PERALATAN INPUT SERTA TEKNIK INTERAKSINYA
·         Keyboard
        Keyboard merupakan alat masukan umum yang memiliki layout yang terstandarisasi (QWERTY),tombol-tombol non alfanumerik ditempatkan secara berbeda dan terdapat perbedaan diantara penempatan tombol.
        Teknik interaksinya ialah dengan cara menekan tombol-tombol yang mengakibatkan terkirimnya kode-kode karakter yang dapat dimengerti oleh computer,yang terhubngkan melalui suatu saluran/kabel ke pusat komputer.

·         Mouse
        Peralatan ini berfungsi untuk memindahkan dan menunjuk posisi di layar,untuk melakukan pilihan,mengindikasikan suatu pilihan atau mengawali gambar,dan lain-lain,mose merupakan alat manipulasi secara tidak langsung
        Teknik interaksinya yaitu denagan menggerakan cursor kearah yang sesuai dengan keinginan pergerakan mouse relative yaitu jika hanya terdeteksi dengan cara menggerakan cursor,dengan mendeteksi pergerakan mouse baik secara mekanik(bola) yang menggerakan potensiometer orthogonal pada mouse,maupun secara optic (LED)yang mendeteksi perubahan fluktuasi yang terefleksi dalam suatu intensitas pada saat mose digerakan.Cursor layar berorientasi pada bidang(x,y),sedangkan pergerakn mouse dalam bidang(x,z)seperti gambar dibawah:

·         Joystick
        Joystick adalah suatu peralatan yang dilengkapi oleh tombol-tombol yang berfungsi untuk menggerakan serta memilih icon-icon atau menu yang terdapat pada suatu aplikasi computer,joystick ini biasanya digunakan untuk permainan/game di computer
        Teknik interaksinya ialah dengan menekan tombol-tombol yang terdapat pada joystick yang dikontrol oleh kecepatan gerakan,atau respon dengan penghubung ke computer baik berupa kabel maupun wairles

·         Trackball
        Trackball ialah suatu alat yang bekerja seperti mouse yang terbalik,trackball merupkan peralatan tak langsung,yang biasanya digunakan pada laptop.
        Teknik interaksinya ialah dengan memutar bola yang dapat bergerak pada rumahan statisnya sebagai gerak relative yang dapat menggerakan kursor.



·         Touchscreen
        Touchscreen merupakan layar sensitive yang layar tersebut dapat digunakan sebagai alat penunjuk pada komputer secara langsung.
        Teknik interaksinya ialah dengan menyentuh layar maka layar akan mendeteksi pergerakan jari atau pena,layar ini bekerja dengan intrupsi matriks dari semburan cahaya atau dengan perubahan kapasitas atau refleksi ultrasonic

·         Light pen
        Light pen merupakan alat penunjuk secara langsung dengan kabel yang mengkoneksikan pena pada layar computer
        Teknik interaksinya ialah dengan mengarahkan pena ke layar,dalam operasinya pena menyentuh layar dan mendeteksi pancaran cahaya dari fosfor layar selama pemindaian layar.

·         Digitizing tablet
        Digitizing tablet merupakan alat atau peralatan penempatan posisi secara langsung,serta dapat sebagai media penginputan teks dengan didukung perangkat lunak pengenal karakter
        Teknik interaksinya ialah dengan menyentuh tablet digital tersebut,maka alat ini akan mendeteksi titik temu diantara dua lapisan yang terpisah dengan resolusi hingga 60x60 inchi

·         Barcode Reader
        Barcode Reader ialah peralatan masukan yang mendeteksi kode yang berbentuk garis atau batang
        Teknik interaksinya ialah dengan mengarahkan laser pada kode barang,maka alat ini akan mendeteksi kode-kode barang tersebut dan membaca kode dari pantulan cahaya laser.

·         Scanner
        Scanner merupakan alat yang diunakan untuk memindai gambar / bentuk dari sebuah objek nyata yang kemudian diproses menjadi objek di komputer dalam format bitmap yang resolusinya mencapai 1500 dpi.
        Teknik interaksinya ialah dengan meletekan suatu objek pada media kaca yang terdapat pada scanner lalu lakukan proses pengtransferan objek nyata menjadi objek virtual.

·         OMR (Optical Mark Reader)
        OMR (Optical Mark Reader) ialah alat untuk mengenali tanda pada posisi tertentu pada sebuah objek. Contoh penggunaannya ialah untuk memeriksa lembar jawaban komputer yang digunakan saat ujian negara.
        Teknik interaksinya adalah dengan memindai pantulan cahaya dari pensil khusus yang kemudian pantulan tersebut diterma dan diproses secara digital.







v  PERALATAN OUTPUT SERTA TEKNIK INTERAKSINYA

·         Cathode ray tube
        Cathode ray tube merupakan layar monitor yang berfungsi sebagai media untuk menampilkan gambar,teks,animasi,grafik,video,dan lain-lain.
        Teknik interaksinya ialah dengan menghantarkan aliran electron yang dipancarkan dari pemancar electron gun,difokuskan dan diarahkan oleh medan magnet,sehingga mengenai layar yang dilapisi fosfor sehingga mumbuatnya bersinar.

·         Liquid crystal displayer (LCD)
        Liquid crystal displayer (LCD) ialah media yang berfungsi untuk menampilkan gambar,teks,animasi,grafik,video,sama dengan Cathode ray tube,namun LCD ini lebih ringan dan lebih kecil ukurannya dibandingkan Cathode ray tube,serta tanpa ada masalah radiasi
        Teknik interaksinya ialah dengan memiliki prinsip yang serupa dengan arloji digital,yaitu dengan menggunakan lapisan Kristal cair tipis yang diapit oleh dua lempengan kaca/gelas.lempengan atas transparan dan terpolarisasi,sedangkan lapisan bawah melakukan refleksi,ketika aliran listrik diaplikasikan ke Kristal ia merubah polarisasinya,sehingga menghasilkan suatu gambar.

·         Printer dot matrix
        Printer dot matrix ialah alat yang berfungsi mencetak suatu gambar,grafik,maupun teks,yang umumnya memiliki resolusi 80-120 dpi.
        Teknik interaksinya ialah dengan menggunakan rangkaian pita bertinta dengan serangkaian pin yang tersusun secara paralel yang memukul pita dan menghasilkan gambar/teks.

·         Printer ink-jet
        Printer ink-jet ialah alat yang berfungsi mencetak suatu gambar/ teks dengan menggunakan tekanan untuk menyemprotkan tinta,biasanya memiliki resolusi sampai 300 dpi.
        Teknik interaksinya ialah dengan menggunakan segumpal kesil tinta yang dikirim dari hand printer kemudian ink-jet menyemprotkan tinta kekertas sehingga menghasilkan gambar/teks.

·         Printer laser
        Printer laser ialah alat yang berfungsi mencetak suatu gambar/ teks dengan metode seperti mesin foto copy biasanya memiliki resolusi 300 dpi sampai 1200 dpi.
        Teknik interaksinya ialah dengan menggunakan titik-titik bermuatan yang disimpan dalam drum,yang diambil  dalam toner(bubuk tinta),yang digulungkanh pada kertas dan dipanaskan sehingga menghasilkan gambar/teks.


v ALAT PEMROSES 
CPU (Central Processing Unit) merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program.CPU terdiri dari dua bagian utama, unit kendali (control unit) dan unit aritmatik dan logika (aritmetic and logic unit).CPU mempunyai simpanan yang berukuran kecil, Register sebagai tempat penyimpanan kecil sebelum pemrosesan data.Dalam dunia PC disebut Microprocessor. 

Konfigurasi dasar komputer & Interaksi dengan manusia
 

Interaksi membantu manusia,apa yang terjadi antara user dan system computer.Sistem interaksi menerjenahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap system yang ada.Dilustrasikan bahwa jika user ingin membuat kalimat "Human and computer ineteraction"Maka user harus lebih dulu tau program apa yang dapat digunakan untuk menuliskan kalimat tersebut.Jika user tidak mengetahui program apa yang harus digunakannya maka akan terjadi kesalahpahaman antara user dengan system.Jika user menggunakan program yang tepat,user akan dapat mengetikkan kalimat tersebut dengan menggunakan piranti keyboard.Hubungan antara user dan computer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface).











PENUTUP

               Interaksi manusia dan komputer(IMK) atau Human Computer Interaction (HCI) terjadi ketika adanya hubungan atau dialog antara manusia sebagai user atau pemakai dengan computer sebagai media elektronis,yang meliputi berbagai perangkat keras (hardwhare) sebagai media utama antarmuka interaksi tersebut serta aplikasi/softwhare pendukungnya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi maupun data yang dapat bermanfaat dan tepat guna.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 MATA KULIAH. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top